BELAJAR BAHASA RUSIA? MENGAPA TIDAK

Bahasa Rusia bukanlah bahasa favorit yang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia. Selain keterbatasan jumlah universitas ataupun tempat kursus yang menawarkan program Bahasa Rusia, kurangnya minat akan bahasa Rusia ini juga disebabkan oleh kekhawatiran akan prospek setelah lulus kuliah. Kekhawatiran akan minimnya lowongan kerja bahasa Rusia inilah faktor utama jurusan Bahasa Rusia sepi peminat.

Seiring berjalannya waktu, hubungan kerja sama Indonesia-Rusia semakin membaik dan meningkat. Dengan semakin meningkatnya hubungan kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU Indonesia-Rusia, baik dalam bidang pariwisata maupun pertahanan, Indonesia semakin membutuhkan penutur-penutur bahasa Rusia yang handal untuk menjembatani. Hal ini dapat dijadikan faktor pemicu untuk mempelajari bahasa Rusia karena kekhawatiran akan ketiadaan lowongan kerja dimasa mendatang terjawab sudah.

Adapun kekhawatiran-kekhawatiran seperti yang telah disebutkan sebelumnya adalah karena ketidakmengertian bahwa pada setiap jurusan memiliki alumni yang dapat menberikan informasi lowongan kerja pada juniornya. Selain itu, dengan sedikitnya jumlah penutur bahasa Rusia di Indonesia, maka semakin terbukalah kesempatan bekerja ditempat yang sesua dengan jurusan yang diambil. Nah bukankah ini merupakan suatu berkah bagi orang yang mempelajari Bahasa Rusia, karena semakin sedikit saingan pencaker berbahasa Rusia maka semakin lebar kesempatan untuk dapat diterima ditempat kerja itu.

Dengan melihat peluang ini, maka mari pelajari Bahasa Rusia, mungkin dengan bekal inilah kita dapat dikirim ke Rusia. Mulailah bermimpi pergi ke Rusia, karena dengan bermimpi, kita emiliki keinginan untuk menggapai impian kita. Belajar Bahasa Rusia? Mengapa tidak.

19 Responses

  1. Hallo Chaerani, Emma, Tuti !
    Ayo kembangkan terus blog anda, penuhi dengan materi yang relevan dengan kepentingan proses belajar dan mengajar Bahasa dan Budaya Rusia! Raih penggemar tradisional dari blog ini, buat menjadi sangat spesifik, terutama bagi para mantan siswa kita !
    Tulisan tentang Aeroflot diatas misalnya, cukup menarik. Begitu juga “Belajar Bahasa Rusia”nya Tuti. Kelak bila INTRANET kita sudah bagus (dalam waktu dekat) maka blog-mu ini akan sangat membantu siswa ! Kumpulkan informasi dan bahan ajaran bagi siswa sebanyak-banyaknya di blog ini, maka siswa anda akan menjadi cepat pandai, dan berarti anda berhasil sebagai guru. Selamat Berjuang ! Thx. (Anton H Biantoro)

  2. Hallo Tuti,
    Yubithea itu apa sih? Blog-mu yahud, berkembang terus ya, buat sehebat mungkin, saya akan jadi salah satu pemerhatinya, oke? Selamat ! (Anton H Biantoro)

  3. Zdravstvuitje… (salam ala Rusia)

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komennya. Saya cukup terkejut ketika membuka blog ini dan ternyata ada comen dari Kabadan. Surprise…

    Boleh dibilang YUBITHEA itu nama ‘beken’ saya yang sedang saya sosialisasikan, sedangkan arti dari kata yubithea itu sendiri…. rahasia dooong.

    Saya berusaha membuka blog ini setiap hari, sayangnya karena anggota subpok Rusia belum memiliki laptop pribadi maka komputer ini jadi rebutan kami sehingga updatenya agak terlambat. Sekali lagi terima kasih atas perhatiannya.

    Salam hormat

    ^___^

    toe-tea

  4. Zdravstvuitje… (salam ala Rusia)

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komennya. Saya cukup terkejut ketika membuka blog ini dan ternyata ada comen dari Kabadan. Surprise…

    Boleh dibilang YUBITHEA itu nama ‘beken’ saya yang sedang saya sosialisasikan, sedangkan arti dari kata yubithea itu sendiri…. rahasia dooong.

    Saya berusaha membuka blog ini setiap hari, sayangnya karena anggota subpok Rusia belum memiliki laptop pribadi maka komputer ini jadi rebutan kami sehingga updatenya agak terlambat. Sekali lagi terima kasih atas perhatiannya.

    Salam hormat

    ^___^

    toe-tea

  5. Zdravstvuitje…
    Saya doakan YUBITHEA cepat punya laptop ya, masa kalah sama Thukul Arwana ! Sudah ada berapa komputer di Subpok Rusia yang bisa untuk Internet? Nanti saya sarankan yang Subpok yang weblog-nya aktif untuk ditambah satu komputer khusus untuk layani weblog. Setuju?
    Mengapa comment saya ke blog Emma tidak pernah bisa masuk? Tolong cek ya. Blognya bu Chaerani kok dibiarkan kosong? Saya coba cari blog-nya pak Bistok dan Bu Evi nggak ketemu, tolong tanyakan di mana saya harus cari. Thx.

  6. Zdravstvuitje…

    Amiiiin, semoga dalam waktu dekat saya bisa mewujudkan impian punya laptop sendiri. Apalagi dengan dukungan dari yg lain😉

    Komputer si Rusia yang tersambung dengan internet hanya satu, itupun sekaligus u/ mengerjakan administrasi, yaaa memang harus pandai-pandai memanage diri dan subpok. Dan ya saya sangat-sangat setuju dengan adanya penambahan unit komputer berakses internet itu.

    Untuk blog emma mungkin sewaktu submit artikel secara tidak sengaja menchecklist tidak mengijinkan komen di blognya sehingga pembaca tidak bisa meninggalkan komennya. Akan saya cek, karena emma sedang cuti melahirkan.

    Untuk blog ibu Chaerani, beliau masih sibuk mempersiapkan materi u/ siswa kopassus yang akan segera dibuka dan saya coba dorong u/ mengisinya, sedangkan u/ blog pa Bistok dan bu Effi sementara ini belum mulai membuatnya. Akan saya informasikan pada beliau-beliau.

    Spasiba (terima kasih), dan salam hormat

    ^__^

    toe-tea

  7. Priwet., Blajar bahasa rusia emang asik banget..selain alphabeatnya beda n banyak pajeznya..hal menarik skarang sy skolah dirusia orang sini bila ditanya pajez malah jawabnya ETA NYE NADO. Mrka ga ngerti pajez tp klo ngomong sesuai pajez bingung ya…ha..ha..skedar info klo kerusia lbìh enak razgawor am ibu2 bila mo belajar karna dia sabar to ngajar kita..slah pngucapan dkit aj udah ga ngerti n slah arti,jd harus monyong kata bg.bistox..oh ya kemaren tgl 9 mei den pabedei (hari kemenangan) rusia atas jerman..tahu ga dijalan2 smua lagu katyusha seperti yg kita plajari waktu dipusbahasa..to bu ema selamat ya..bu tuti kpan undanganya ato mo ta bawakan cowok sni,bu chaerani zdrbastwitce,to abang biztox trnyata kalo udah diadu pronounsiation jd mantap..to bu efi mis u..skali lg uspex ya..

  8. Privet…
    Benul sekali, maksudnya benar dan betul (=benul). Sama halnya dengan orang Indonesia apabila ditanya mengenai TBBBI (Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia), pasti sebagian dari kita nggak mudeng. Yaaa karena memang bahasa percakapan akan berbeda dengan bahasa tulisan atau bahasa formil pendidikan.

    Wah jadi disana anda2 bergaulnya sama ibu2 ya? sangat menarik, klo bapak2nya bagaimana? nanti kalau saya ke Rusia mau belajarnya ama bujangan2 aja ah supaya lebih menarik lagi😉

    Undangan dari saya? kita tunggu tanggal mainnya ya hehe

    Doakan saya cepat menyusul ya. Dua2nya menyusul ke Rusia dan menyusul menikah

    Oh ya, berhubung sekarang guru2 sedang dinas luar mengajar di kopassus, salamnya akan saya sampaikan nanti setelah bertemu dengan beliau-beliau

    Do Poka

    ^___^

    toe-tea

  9. Privyet krasivaya jebuska…
    Apa kabar ibu guruku? Betul kata rahmat tuh, kita yang penting modal nekat atau kelaparan?🙂. Habis kalau tidak bisa bicara rusia gmn mo pesen makanan direstoran bu? Benul ga? Ada lagi, dulu kita diajari tentang ucapan “spasiba”, dan jawabannya “Nizasto”..Setelah kami disini ternyata orang rusia “semua” jawabnya “Pazaluista”. Sewaktu kami tanyakan sama mereka, ya begitu jawabnya, kalau “nizasto” itu jarang bahkan tidak pernah digunakan. Demikian bu, semoga bisa menjadi masukan.
    Paka..

  10. Eto ya, krasivaya devushka😉

    Kesannya kaya lagi dihutan, nekat atau kelaperan. Tapi memang benul bgt tuch kalo mau bisa harus dipaksakan atau nggak akan pernah bisa. Takut-takut sesat dijalan, tidak bertanya kelaperan kemudian. Benul tidak?????

    Wah satu pengetahuan bagi saya akan bahasa percakapan disana. Ada lagi yang baru???? bisa langsung saya transfer ke siswa kopassus yang sedang berangsung ini.

    Ogromnoye spasiba

    Poka

  11. Kogda ona umerla?

    Bahasa Rusia sangat unik bagi kita orang asing, waktu pertama kali anda belajar bahasa ini, pasti ada sekian banyak sejarah lucu yg dibuat, waktu belajar di kelas bahasa.
    Suatu ketika, kawan saya org Indonesia, sama2 ke pasar, ingin praktek bhs Rusia, sekaligus belajar.
    Dia baru beberapa bulan belajar di kelas persiapan bhs Rusia. Saya kebetulan sudah setahun lebih di Rusia.
    Sementara di pasar dia ingin beli ikan. Dia bertanya pada saya, “Vid, ikan bhs Rusianya apa? Jawab saya Riba. Langsung dia berpikir, oh ikan jenis kelaminnya Wanita karena akhirannya “A” dari kata RIBA. (Gramer Bhs Rusia terdiri dari 3 jenis kelamin yaitu Pria, Wanita, Netral).
    Waktu dia melihat, dikanan kiri ada banyak ikan yg dijual di akuarium (masih hidup) namun ada juga ikan yg sudah mati dan diletakan di tempat jualan.
    Tiba2 dia mempraktekkan bh Rusia. Dia mulai bertanya, “Kogda Ona Umerla (Kapan dia mati)? Lantas dijawab si penjuual ikan dgn spontan, Oh, Tolka sto Ona Umerla.” (Oh, Dia baru saja mati).
    Tiba2 semua orang ketawa kami. Mereka merasa lucu utk sebuah pertanyaan yg polos. Seharus dia bertanya, ikan ini segar/baru atau tidak segar, Namun karena dia pikir terlalu sulit utk menterjemahkan, dia langsung saja bertanya sesuai apa yg dia tahu. Wou, dahsyat! Itulah bahas Rusia, semakin anda belajare bahasa ini, anda semakin suka dan mencintainya. pasti nye trudno (tidak sulit), eto ocen prosta (ini sangat mudah) jika anda mau. Yesli to hoces davai isucaes Russkii Yaizik. Vsio budet horosho govorit po-Russki. (Pasti akan berbicara bhs Rusia dgn baik).

  12. Sejak sma dulu saya sangat ingin belajar bhs rusia, waktu itu
    dibuka kursus kalo gak salah di Pusat keb rusia di jl. Diponegoro, jkt skitar th 1986. Sy agak takut2 utk mendaftar krn image yang ada saat itu ( stlh ktr aeroflot di hotel sahid ditutup
    kasus spionase ). Saat ini saya ingin mendaftar untuk dapat mengikuti kursus bhs rusia, mungkin sy bisa tau alamatnya ?

  13. Zdravstvuitje……
    Sebelumnya saya ucapkan salam kenal, dan selamat bergabung. Apabila boleh tau sekarang anda bekerja dimana? sebagai apa?

    Untuk sekarang ini kursus bahasa Rusia untuk umum di Jakarta memang hanya diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Rusia Jl Diponegoro 11(sudah bebas dari kasus spionase kok), lainnya hanya ada privat. Adapun kursus dluar Jakarta bertempat di Bali, itupun biasanya untuk menjadi guide.

    Sedangkan kursus bahasa Rusia yang diselenggarakan ditempat kami hanya diperuntukkan bagi kalangan terbatas saja, yaitu bagi lingkungan militer dan PNS saja. Itulah sebabnya diawal tadi saya menanyakan anda bekerja dimana.

    Tempat bekerja kami berada di Pangkalan Jati Pondok Labu Jaksel. Bagaimana?

  14. Privet, menya zovut kenjiro, ochen priyatna..

    spasiba🙂

    hehehe.. cuma tau ini doang nh.. ^^!!

  15. Privet Kenjiro…. Ocen priyatna…. Kak djela??

  16. hai,, saya seneng banget saat menemukan link ini di google,, benar2 membantu,,
    jadi kalau di jakarta kursus bahasa rusia hanya ada di kedutaan ya? kira2 mereka membuka kelas dengan beberapa pilihan jam kursus tidak ya? terimakasih sebelumnya,,🙂

    • hai juga, senang juga ternya blog yang terbengkalai ini masih ada yg membaca hehe… kursusnya diselenggarakan bukan di kedutaan tetapi di Pusat Kebudayaan Rusia (PKR), di Jl Diponegoro 11. Sepengetahuan saya hanya ada satu kelas saja, bisa langsung menghubungi PKR. untuk no telf nya kebetulan saya hilang tp bisa minta ke 108, tanya pusat kebudayaan Rusia. Adapun kontak person saya disana (entah masih bekerja dsana atau tidak) bernama Sulaeman (081807430919). Semoga membantu.

  17. Zdravstvuitje…menya zowut rosita..ochen priyatna..kak was djela? kharasor? atlitcna?
    heeheee……parusky cut cut…saya cuma bs sedikit bhs rusia..di NUSA DUA BALI banyak tamu rusia..baru tahun lalu sampe skrng sya sedikit2 belajar bahasa rusia secara otodidak..pengen nya kursus tp mahal :)) kaka2 yg lancar bhs rusia ajarin donk??? terimakasih

    • nu tak kharasho yesli ty govorish pa ruskiy cut2, potomu sto kak my znayem sto russkiy yazik ochen trudno… naidi Putu Ratna, ona v bali i ana gavarit pa russkiy allicna. ceias ana rabotaet v intercontinental hotel

Leave a Reply

