MATRYOSHKA

matryoshka_nest.jpgMatryoshka adalah boneka khas Rusia yang memiliki bentuk tubuh yang tambun. Karena bentuk tubuh yang tambun dan memiliki raut wajah perempuan dewasa inilah matryoshka disebut pula boneka babushka atau boneka nenek, atau boneka dedushka atau boneka kakek apabila raut wajahnya berbentuk kakek-kakek. Selain itu, boneka yang juga disebut boneka bersusun ini dapat dibuka dimana isi dari boneka ini adalah bentukan lebih kecil dari boneka induknya. Selain sebutan-sebutan diatas, matryoshka ini masih memiliki nama sebutan yg lain yang jumlahnya cukup banyak.

Boneka nenek ini diciptakan oleh Sergei Maliutin yang terispirasi oleh boneka Jepang yang melambangkan tujuh dewa keberuntungan. Maliutin kemudian menciptakan dan menggambar sketsa boneka versi Rusia dengan menggunakan media kayu. Hasil kerja samanya dengan Vasiliy Zvezdochkin yang mengukir kayu, sedangkan Maliutin sendiri yang mewarnai boneka itu, jadilah boneka susun versi Rusia. Boneka ini terdiri dari delapan susun dimana yang terluar merupakan bentukan seorang perempuan dewasa dengan menggunakan apron, sedangkan bagian terdalam adalah bentukan bayi.

Awalnya raut boneka ini seringnya adalah wajah seorang perempuan, akan tetapi seiring berjalannya waktu, desain dari matryoshka ini berkembang dari bentuk tradisional sampai mederen seperti tokoh kartun Disney. Uniknya lagi, Matryoshka ini bisa dipesan sesuai dengan keinginan si pemesan, seperti Matryoshka dengan raut wajah anggota keluarga inti, dimana bagian terluar memiliki raut wajah sang ayah atau ibu dan boneka terkecil merupakan anak terkecil dari keluarga itu. Menarik bukan?

9 Responses

  1. hai hai hai..

    hmm nice blog, nice picture! But it’s quite dark, or…it’s because your a bit dark skin. Hehehe so sorry, if i said that i don’t mean to…!!

    Anyway, interesting articles you have! You are a talented writer! Keep up the good work and…. are you still struggle putting a picture in a good position? Don’t be hesitated to contact me😉
    haha feels like i am an expert, in fact you are the IT expert.

    Jia You Tuti…

  2. A dark nice pics huh? Very interesting… Maybe ur laptop’s color resolution stil not as good as my compi, and maybe by upgrading it u’ll able to see my pics clearly.

    IT expert? who the hell is she? is she cute? Introduce us please😉

  3. Dalam rangka Harkitnas – 100 ada Trophy Ka Badiklat untuk Blogs terbaik lingkungan Badiklat, baik untuk weblog perorangan maupun unit ! So far, Enno (perorangan) dan Subpok Mandarin (unit) masih di rangking teratas! Tolong sebar luaskan supaya kompetisi lebih seru! Infokan blog-blog yang ingin partisipasi ke: antonbiantoro@yahoo.com. Selamat meningkatkan blog masing-masing!

  4. Waaaah pemberitahuan akan adanya lomba blog ini betul-betul memicu semangat pengisian dari blog kami. Saya sudah beritahukan teman-teman untuk bergabung sebagai blogger.

    Kalau boleh saran, apa tidak sebaiknya diumumkan secara resmi, maksud saya tidak dari mulut ke mulut. Atau ini memang hanya u/ orang-orang yang berkecimpung didunia maya? Terima kasih

    Salam hormat

    ^___^

    toe-tea

  5. Di dunia maya berita mestinya berita menyebar lebih cepat dan lebih luas, sayangnya banyak yang masih setengah hati, kadang rajin kadang malas mengembara ! Seharusnya semua menyempatkan diri ambil minimal waktu satu jam sehari untuk browsing atau memanage blog-nya. Anyway, I’ll let them know about the competition, be ready okay?

  6. Yes Sir, maybe your opinion about news travel faster through internet is correct, but for community where the internet isn’t something very important, I don’t think so. Just feel bit inappropriate.

    For me myself, i really enjoy it, i mean internet surfing sometime makes me forget the time. Its just something you like or dislike.

    And thank you, We will wait for the competition information sir

    Best regard

    ^__^

    toe-tea

  7. Boneka Matryoshka itukan bersusun dan lebih dari satu, bisa pesan tidak? seumpama wajah toe-tea dengan berpakaian kebaya. (Tapi kalau sudah punya wajah toe-tea aku minta satuuuu aja.) trim’s

  8. Salam Pa Leman, maaf saya belum bisa mengunjungi blog bapa, belum sempat n masih blum aktif didunia blog

    Bisa aja dpesan seperti itu, tp saya jd curiga untuk apa bapak boneka Matryoshka berwajah saya? Jangan2 untuk ngusir tikus dirumahnya ya? Hix hix hx…….

  9. Boneka Matryoshka????? Dimana sy bs pesan, apakah pengrajin di indonesia sdh ada yg bs membuatnya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: