Ternyata, Pria Juga Bisa Ngidam

Istri hamil tapi mendadak suami yang ngidam, lho kok bisa? Mungkin beberapa suami pernah mengalami fenomena tersebut saat istri mereka hamil? Namun benarkah ada hubungan antara kehamilan dan ngidam yang dialami sang istri dengan ‘ngidam mendadak’ yang dialami suami?

Para peneliti dari St George’s University, London, Inggris mencoba meneliti fenomena gejala tersebut pada 282 calon ayah. Dan dalam studinya, mereka menemukan beberapa calon ayah mengalami mual-mual di pagi hari (morning sickness), kram, rasa sakit dan tak nyaman pada punggung.

Meski ditemukan kemiripan gejala-gejala saat hamil pada pria namun fenomena yang dikenal dengan ‘Couvade Syndrome’ ini, masih belum bisa djelaskan secara pasti. Fenomena ini masih dianggap sebagai sesuatu yang misterius.

Para peneliti memonitor pria dengan usia 19-55 tahun, di mana pasangan mereka secara rutin juga memeriksakan kandungan di St George’s Hospital. Calon ayah ini juga mengalami gejala-gejala yang dialami istri mereka, seperti kejang otot (kram), nyeri dan rasa tak nyaman pada punggung, perubahaan mood, kenaikan nafsu makan, mual-mual di pagi hari, mudah lelah, depresi, fainting, susah tidur, pusing, dan sakit gigi yang terkadang juga dialami ibu hamil. Dan pada tingkat yang lebih tinggi, beberapa pria juga mengalami perubahan ukuran perut yang semakin membesar seperti tengah mengandung, atau biasa disebut dengan istilah ‘baby bump’.

Dalam studi ini beberapa pria mengalami gejala dan ngidam di awal kehamilan pasangan mereka, namun ada beberapa yang harus mengalami gejala tersebut sampai si bayi lahir.

Beberapa pria mengatakan mengalami rasa sakit perut, mual-mual saat bangun pagi, dan juga rasa tak nyaman pada bagian pinggang, dan moody. Namun semuanya akan berakhir saat bayi lahir.

“Beberapa orang mungkin mengalami hal tersebut dan ingin merasakan apa yang dirasakan pasangan mereka, namun beberapa dari mereka juga mengalami gejala-gejala itu di luar keinginan mereka,” tambah Dr. Brennan yang menyebutkan Couvade Syndrome tak bisa didiagnosa secara medis.

Memang ada beberapa suami yang tak menyadari bahwa ia mengalami perubahan emosi dan kondisi tubuh saat istri mereka hamil, namun ada mungkin juga yang menyadari namun malu untuk mengakuinya.

Mungkinkah Cauvade syyndrom ini merupakan bentuk lain partisipasi calon ayah yang sangat mencintai istri dan calon buah hatinya? Siapa tau?

sumber : kapanlagi.com

19 Responses

  1. Untung produksi sudah lama berhenti ! Tapi itu memang wujud solidaritas kaum pria terhadap wanita. Thx Tuti!

  2. Siap, Betul Kabadan, supaya laki-laki pun turut merasakan bagaimana perasaan Ibu hamil yang ngidam.

    Saya pernah mendengar cerita (kejadian nyata) ada seorang suami yang memarahi sang istri karena muntah dimeja makan karena ngidam. Saking marahnya si suami, si istri sampai di seret ke kamar mandi kemudian ditinggal sendiri di rumah u/ membersihkan kotoran dimeja makan dan dia pergi keluar untuk makan di rumah makan. Sungguh terlalu

    Sebagai sesama wanita (walau saya belum pernah mengalami) saya turut marah mendengarnya. Bagaimanapun juga si Istri hamil kan akibat perbuatannya juga😉

    Salam hormat

    ^___^

    toe-tea

  3. Hello Tuti, saya singgah di blog anda, thx

  4. Siap..

    Terima kasih saya ucapkan atas kunjungannya, semoga blog ini bisa menjadi media komunikasi dengan warga badiklat lainnya.

    Salam hormat

    ^___^

    toe-tea

  5. Hello toe-tea, selamat ya mendapat juara harapan pada lomba Blog Badiklat, tingkatkan terus kualitas blognya.

    Keuntungan dari extranet adalah kita dapat mempromosikan/memperkenalkan apa yg kita miliki di intranet agar bisa diketahui oleh orang lain yg di akses melalui internet.

    Tetapi perlu dibatasi/difilter agar tidak setiap orang bisa masuk sembarangan, itu fungsi firewall, untuk menutup lubang yang terbuka pada system agar tidak ada serangan dari luar.
    Okey toe-tea? sukses selalu ya..

  6. Wah ibu guru yang satu ini mmg huebat…Berpikir jauh kedepan, blm prnh merasakan tetapi sudah bisa memberikan ilmunya…So ibu sering baca ya? Salut…Pazdravlyayu. Maju terus neng..🙂

  7. Terima kasih Pa Hendro, saya cukup senang walau hanya sebagai juara harapan, karena inti dari lomba ini sebenarnya bagi saya bukan juara atau hadiahnya, melainkan atensi dari atasan. Yaaa tentunya hadiah menjadi bonusnya hehehe🙂

    Satu lagi pa pertanyaan dari saya, apa firewall itu bisa ditembus? sekarangkan sudah banyak hacker yang handal yang bisa menjebol pertahanan qta. Nah bagaimana caranya agar save dari para hacker itu

    terima kasih

    ^___^

    toe-tea

  8. Zdravstvuite….

    emang belum pernah merasakan tapi referensi harus dibaca sedini mungkin, supaya ga kaget dong. Yaaa itung-itung pemanasan😉

    Ada pengalaman seperti ini?

  9. Hehehe…untung saya gak mengalami ngidam beregu ini. tapi tetep aja saya ikut jatuh sakit gara-gara istri alergi liat makanan n gak doyan makan. Jadi saya gak ada yang masakin trus jarang makan, jadi sakit deh..

  10. Baguuusssss…. sebetulnya itu sebagai salah satu partisipasi juga Ri, lagian biasanya jg ga ada yg nyediain makan begitu punya istri langsung terbiasa dibuatin makanan lupa dah kebiasaaan mandiri.

    Siiiip semoga bayi dan ibunya selalu sehat ya

  11. Pagi bu…
    Kalau ini bukan cerita orang, waktu anakku yang pertama yg merasakan ngidam adalah suamiku, saya sih nyante aja. sementara suami tiap pagi dan bahkan tengah malem pengen sesuatu, dia nyari sendiri deh.
    Kunjungi blogu juga ya http://www.endangharyanti.wordpress.com

  12. Wah bu, suaminya sayang banget ya. Udah ngidam dia yg nanggung,nggak nyusahin lagi karena jalan nyari sendiri. Pasti saingan berat badan ya ama suaminya hihihi

  13. Boriiiing… too seriousss…. (just kidding ketang, hehehe)…

    Well, i have to admit, being Takashi, The Goggle Red, i cannot get married, and have kids, so cannot feel this way…, that’s why this is boriiiiing (kidding again)

  14. lagi ngidam… cari postingan baru mu, toe-tea…
    mana…? :p
    :s

  15. Heheheheh pa Oktaaaaa…….
    Saya lg masa inkubasi so ga bisa ngupdate blog neh, minggu kedua september baru bisa ngotak ngatik lagi. Lg banyak ini itu yg sebagian ga ada hubungannya ama kantor.

    Saya mau menginkubasikan diri ke Cirebon untuk suntikan semangat baru. Tingkat semangat saya lagi melorot tajem neh

    Salam

  16. tuti?
    lagi jd kecebong kah dirimu??? kapan jadi kataknya? aku segera ingin melihat dirimu lompat2 dan lincah seperti dulu… hehehhe…

    ok deh selamat menyuntik semangat, nanti tularin ya semangatmu, kayanya baterai semangatku juga sudah mulai low nih…

    see ya

  17. Enno, mana ada orang bilang masa kecebong adalah masa inkubasi? Plis deh ah……

    But memang cuti membawa angin segar buat ane. Jerawat menghilang tumbuh bisul hehehehe bukan perbaikan ya malah penurunan. Whatever…..

  18. walah…walah…mbak Tutik..ini lho….mosok iya to laki-laki bisa ngidam…kepengin kali….lebih pasnya (he..he..he..sok tau). sst…..ngomong2 kapan nih….biar cepet ngerasain apa itu nyang namanya ngidam…bbwwrrrrr….

  19. yeeeee ini pan berdasarkan surver bo, selain itu ada sodara saya yang suaminya malah yg ngidam. jadi makan es krim mulu. Seru dah klo yg ngidamnya cowo. Belum tiba2 suka marah2 nggak jelas. Ada jg yg mual2 hehehehe

    Makanya doain dooong😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: