Счастье

Kebahagiaan. Itulah arti dari judul di atas. Kata itu diambil dari judul header blog saya yang berarti : “Yubithea, kebahagiaan seperti apa yang kamu inginkan?”

Apa sih arti kebahagiaan itu sendiri? Sempat saya membaca sebuah artikel secara online (sinar harapan) yang menyatakan tipikal kebahagiaan. Demikian adalah kutipan artikel tersebut:

Tipe I adalah orang yang mengatakan bahwa dirinya akan merasa bahagia jika apa yang telah lama diinginkannya dapat tercapai. Biasanya orang tipe I ini mengapresiasikan kebahagiaan dengan banyaknya benda – benda material yang dapat dimiliki (materialism).

Tipe II adalah mereka yang merasa bahagia jika mereka dapat meraih kesuksesan. Kesuksesan yang diperolehnya ini bisa berupa kesuksesan dalam studi maupun karier. Manusia bertipe II ini tidak terlalu menilai kesuksesan ini dengan banyaknya materi yang diperoleh, tetapi lebih memfokuskan diri untuk meraih keberhasilan (achievements) dalam segala bidang yang ditekuninya.

Tipe III adalah mereka yang merasa bahagia jika ia dapat bersama dengan seseorang yang ia cintai, atau dengan kata lain telah menemukan cinta sejatinya dan membentuk keluarga yang bahagia (loving and fulfilling relationship).

Dari ke tiga tipikal kebahagiaan itu saya mulai menelusuri tipikal yang bagaimanakah saya. Hasilnya BINGUNG. Rasanya kebahagiaan menurut pendapat saya tidak bisa dikotak-kotakkan dalam tiga kategori diatas. Hal itu terasa karena kebahagian datang bukan hanya karena salah satu alasan diatas, melainkan kombinasi dari ketiga tipe diatas. Mungkin kecenderungan salah satu diatas memberikan kebahagiaan lebih dibandingkan dengan yang lain.

Selain tipe-tipe tersebut diatas, pernahkan anda bertanya pada diri sendiri mengenai kebahagiaan. Pertanyaan kebahagiaan sering terbersit dibenak saya. Pertanyaan2 yang sering muncul seperti:

1. Apakah saya bahagia?

2. Mengapa saya bahagia?

3. Apakah kebahagiaan saya tergantung dari orang lain atau sesuatu yang lain?

4. Kebahagiaan seperti apa yang saya inginkan?

5. Siapakah orang yang ingin saya buat bahagia?

6. Sudahkah saya membahagiakan orang-orang terdekat saya?

7. Apakah orang-orang terdekat saya berbahagia? Bagaimana? Mengapa?

Bagaimana dengan anda? Pertanyaan apakah yang sering muncul dibenak anda? Silahkan telusuri hati anda dan bertanyalah pada diri anda sendiri. <y>

12 Responses

  1. aku mau bahagiaaaa…!!!

    aku mau kebahagiaan yang sempurna, ya tipe 1, tipe 2 ataupun tipe 3 (hehe maruk yah) yah namanya juga keinginan dan harapan.
    Pernah ada orang bilang ke saya, “kalo berdoa jangan dibatasi, minta sebanyak2nya sama Tuhan nanti terserah Tuhan mau mengabulkan yang mana…” hehehe…😆

    semoga kau mendapatkan kebahagiaanmu tuti..

  2. Nggak maruk juga seh no, namanya jg namanya… yaaa semua berkontribusi dan diharapkan. Bingung ya ma kalimat g? Sama hehehe. Semoga kau mendapatkan kebahagiaanmu jg no😉

  3. “Kebahagiaan (1)”
    Hihihi……, yang satu bingung….yang lain maruk…..
    …… bahagia memang memiliki sejuta tafsir ……
    Kalau boleh ikut menambah bingung…. saya juga punya satu ! Bahagia itu ada yang besar…. ada yang kecil…..yang besar agak jarang dan konon tempatnya jauh di negri Antah Barantah….yang kecil buaaaanyak berserakan di mana-mana…….. Kebanyakan orang menghabiskan umur dan energi mereka untuk mencari kebahagiaan yang besar-besar, yang kadang-kadang sampai habis umur dan energinya dia tidak pernah bertemu…..apalagi menikmatinya. Padahal kalau mau mengumpulkan dan menikmati yang kecil-kecil…… setiap saat kita pasti bisa bertemu dan merasakannya …..bahkan kita bisa membagi-bagikannya pada semua orang tanpa takut kehabisan…… Tipe apa pun Anda (1, 2 atau 3), sambil menunggu tercapainya “kebahagiaan besar”, punguti dan nikmatilah kebahagiaan kecil yang terserak di mana-mana ! Kemudian akuilah bahwa Anda telah merasakan yang namanya kebahagiaan itu, dan bersyukurlah kepadaNya !

    Siap Kabadan, sangat setuju dengan “pemungutan” kebahagiaan yang berserakan yang mungkin terlewat begitu saja. Maklum Kabadan, biasanya orang lebih semangat dan silau melihat yg BESAR dari pada yang KECUIL. Saya turut berduka pada yang menungg kebahagiaan sampe uzur tetapi tidak ketemu. Poor them. Amit amit ah

  4. “Kebahagiaan (2)”
    Contoh kebahagiaan kecil …….
    Berbahagiakah Enno ketika menjadi Juara 3 Lomba Blog …. berbahagiakah Toetea ketika Enno, kawannya, menjadi Juara 3….. berbahagiakah Pak Anton ketika Enno, anak buahnya, menjadi juara 3…. berbahagiakah saudara atau orang tua Enno…..? Toetea dan Enno akan sama-sama bahagia kalau keduanya “sincere” dalam berkawan, Pak Anton dan Enno akan sama-sama bahagia kalau keduanya “sincere” dalam bekerja bersama di kesatuan ……. Kalau perkawanan Toetea dan Enno “palsu” maka Toetea mungkin tidak bahagia, bisa-bisa malah “sirik / iri”, dan Enno mungkin mencibir Toetea, …nih gue lebih hebat dari loe….. Sincerity atau ketulusan dalam bergaul akan membuat Anda sering ketemu dan berbagi kebahagiaan kecil……

    Ini dia yang agak sulit Kabadan. Begitu mudahnya persahabatan terluka karena iri dan dengki. Padahal kan jika ada temennya yang sukses harusnya ikut senang. Contoh kecil: Enno juara lomba, toe-tea ditraktir makan-makan, apa ga bahagia tuh hehehehe (Hanamasa ya no :)) ); Kabadan Ultah, personel Badiklat makan-makan, kan semua senang hihi

  5. “Kebahagiaan (3)”
    Banyak gadis (mungkin Tipe 1) pingin kaya seperti Paris Hilton, cucu pemilik Hotel-Hotel Hilton se dunia …., dikiranya gadis kaya raya seperti Paris Hilton itu pasti bahagia…., ternyata tidak….. konon Paris Hilton juga tidak bahagia hidupnya …….
    Makanya kalau berdoa nggak usah minta kaya, …. minta “cukup” saja ….. Mau beli rokok, uangnya cukup….., mau beli Laptop uangnya cukup….., mau beli rumah uangnya cukup…

    Wahhhh sangat berkepribadian bagi orang yang berdoa minta “cukup” hehe

  6. “Kebahagiaan (4)”
    Tipe 2 yang akademisi pingin jadi Profesor Doktor, Tipe 2 yang militer pingin jadi Jendral, Tipe 2 yang politikus pingin jadi Presiden……… kalau itu tercapai mereka “berbahagia”…..
    kalau tidak tercapai mereka tidak bahagia ……
    Kasian deh mereka….. pasti baru bahagia setelah tua ….
    Mana ada Profesor Doktor atau Jendral atau Presiden yang muda !
    Kalau saya mah, Letnan bahagia, Kapten bahagia, Mayor bahagia ………..Jendral apalagi …… hihihi ……

  7. “Kebahagiaan (5)”
    Wow ….. Tipe 3 ini nampaknya oke, …..memang….. kalau bisa menemukan cinta sejati …… lalu menikahinya dan membentuk keluarga……. pasti bahagia ……..
    Masalahnya adalah …. cinta sejati itu seperti apa …… dan kapan Anda tahu bahwa Anda telah mendapatka cinta sejati…… bukankah kita baru tahu bahwa itu cinta sejati bila kita telah menjalaninya ……. Kita tidak akan tahu sesuatu itu akan sempurna sebelum berakhir ! Sebelum itu tidak ada garansi untuk cinta sejati …..!
    Yang bergaransi adalah cinta sejati Allah Swt kepada umat-Nya yang taqwa !

  8. tuti…itu namanya malak..!! duh..!!
    oh iya headernya bagus tut, pake photoshop ya? kpn2 ajarin diriku ya supaya mainannya ga power point melulu malu aku malu😦

  9. Bukan malak enno, tapi berbagi kebahagiaan😀 . Headernya bukan pake photoshop tp pake fotosmart. Photoshop mah sama nggak ngertinya. Ribet dah, udah pernah diajarin ama m edoy tapi ga mudeng. Mungkin perlu diadakan lagi workshop photoshop dll hehehe😉

  10. iye workshop photoshop he..he..he..

  11. tuti….aku melihat dirimu sudah bahagia, tapi….masih kurang lengkap mungkin… dikau akan merasa lengkap jika………..hihihihi seperti yang kau inginkan. btw, kaga ada siswa blognya jadi sering di up date nich…. wah…..hebat!

  12. kalau ditanya tentang bagaimana seseorang berbahagia ? tentu jawabannya akan bermacam-macam karena kebahagiaan itu bersifat relatif… benar kata Kabadan kebahagian ada yang besar dan ada yang kecil… namun itupun tidak bisa diukur oleh kita, karena bisa jadi apa yang kita anggap besar ternyata menurut orang lain masih kecil, atau sebaliknya menurut orang lain itu besar tapi menurut kita itu masih kecil…. tapi yang terpenting bagaimana kita bisa mensyukuri nikmat kebahagiaan itu…. kebahagiaan tetaplah kebahagiaan tidak bisa mengatakan itu besar ataupun kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: