Baligo, Umbul-Umbul, Bendera

Musim kampanye sudah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. Bersamaan dengan masa kampanye, jalan-jalan baik di Ibu kota maupun di daerah dipenuhi dengan umbul-umbul, bendera, dan gambar-gambar caleg dari berbagai partai yang jumlahnya sampai puluhan itu. Dengan warna-warna yang mencolok dan dalam berbagai ukuran, bendera dan baligo-baligo itu kini menghiasi tepi-tepi jalan.

Merusak pemandangan. Itulah pendapat saya akan baligo dan bendera-bendera partai yang berjejer TAK RAPI di tepi jalan. Minggu lalu saya pergi ke Cirebon dengan mengendarai mobil. Sepanjang jalan dari Bekasi-Bandung-Cirebon dan sebaliknya Cirebon-Kuningan-Bandung-Bekasi, yang terlihat hanyalah papan-papan, bendera-bendera partai, serta baligo-baligo dan atau poster para caleg. Pemandangan yang biasanya asri mendadak dihiasi gambar para caleg. Fiuuuhhhh benar-benar pemandangan yang membosankan.

s_339379_kampanye-neoprintcopy1Mungkin, ini hanya mungkin, jika penataan bendera dan umbul-umbul partai serta poster para caleg itu ditata dengan rapi tidak terlalu merusak pemandangan, akan tetapi dengan ketidakteraturan itu mengakibatkan kesumpekan tepi jalan. Hal ini juga merugikan para pejalan kaki. Kenyamanan berjalan kaki tidak diperoleh bukan hanya karena para pedagang kaki lima tapi juga oleh bambu-bambu penyangga baligo. Tidak hanya itu, pemasangan bendera-bendera partai dan poster caleg bahkan sampai merusak taman yang ada dipinggir jalan dan atau dihalaman rumah penduduk.

Saya jadi bertanya-tanya, apakah tidak ada peraturan mengenai tata cara pemasangan papan dan bendera bagi partai-partai yang sedang berkampanye? Well let’s consider it as an environtment destruction. Weleh-weleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: