KIWIL NUSRA

Tanggal 15 Juli 2010 yang lalu KIBI wilayah NUSRA telah dibuka. Kursus yang akan berlangsung selama kurang lebih 4 bulan ini dibuka langsung oleh Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Bertempatkan di Rindam Tabanan Bali, kursus ini diikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari 14 siswa elementary  dan 14 siswa pre-elementary.

Sebagai tim pengajar, saya bersama 2 rekan saya yaitu Ms. Ayu Bulan dan Ms. Lita R.E, telah tiba di Bali pada tanggal 13 Juli. Berbekal referensi dari rekan-rekan yang telah terlebih dahulu mengajar di wilayah Nusra, kami datang dengan segala perlengkapan korvei, akan tetapi ternyata disini kami ditempatkan di tempat yang berbeda dengan pendahulu kami. Bersih dan nyaman.

Ini adalah kali pertama saya mengajar diluar kantor (wilayah). Dengan segala kemudahan yang saya dapatkan dikantor, saya memerlukan waktu untuk mengatasi shock akan keterbatasan fasdik disini. Rasanya ingin membawa semua fasdik yang saya miliki dikantor dan dirumah, akan tetapi karena pertimbangan jarak yang harus saya tempuh dan beban yang harus saya bawa, akhirnya saya hanya membawa  keperluan yang sangat penting dan cukup ringan untuk saya bawa.

Empat bulan bukanlah waktu yang singkat untuk tinggal tinggal diwilayah orang. Walaupun banyak yang beranggapan betapa beruntungnya saya dapat pergi ke Bali dan tinggal disini untuk sekian lama, namun pada kenyataannya tidaklah seindah yang dibayangkan orang. Situasi ini membuat saya menyadari bahwa seenak-enaknya tinggal dinegeri orang lebih enak tinggal dinegeri sendiri. Yah pada akhirnya hanya diri kita yang menentukan akan dibuat seperti apa suasana disini. Tetunya prinsip “ENJOY AJA” benar-benar harus dikedepankan. Let’s enjoy our duty….

3 Responses

  1. waaaah…bu guru sekarang lagi di bali ya? asyik dunk
    so pasti para siswa di sana bakal semangat diajar bu guru yg maniez😀

    Gudlak ya bu😀

  2. balii balii balii… senangnya hatiku…
    kalo siswamah siapapun yg ngajar kalo dah ngantuk tetep wae ngantuk. ampe cape berkicau

Leave a Reply

