Oleh-Oleh

Oleh-oleh atau yang sering disebut dengan buah tangan merupakan sesuatu yang wajib dibawa sepulang dari luar kota atau terlebih lagi dari luar negeri. Hal ini sudah menjadi tradisi yang kadang tidak melihat situasi apakah orang tersebut pergi keluar kota untuk berlibur, berdinas, atau bahkan setelah mengunjungi atau menjenguk kerabat yang terkena musibah.

Adalah merupakan kesenangan tersendiri melihat rekan-rekan terlihat bergembira menerima buah tangan dari temannya yang baru pulang dari berlibur. Kesenangan itu seimbang dengan kesenangan membeli buah tangan dan memilah-milah suvenir khas daerah tertentu bagi orang hobi berbelanja.

Di sisi lain, tidak banyak yang sadar bahwa terkadang permintaan membawa oleh-oleh dapat memberatkan si pembawa oleh-oleh karena beban fisik maupun beban finansial. Bagi yang kurang hobi berbelanja dan bagi yang tidak suka repot membawa banyak barang, membawa oleh-oleh merupakan kewajiban yang sedikit mengganggu. Terkadang karena enggan mendengar gunjingan maka  dia terpaksa membawa oleh-oleh dan bukan karena memang ingin berbagi dengan temannya. Terlebih lagi terkadang banyaknya permintaan membawa oleh-oleh dapat menguras kocek. Membeli oleh-oleh tidaklah murah loh.

Prinsip menempatkan diri kita diposisi orang tersebut merupakan langkah yang bagus untuk introspeksi dan mencegah  fikiran negatif. Sebaiknya kita tidak menuntut seseorang untuk membawakan kita oleh-oleh, yah jika diberi oleh-oleh syukur, jika tidak diberi syukuriiin deh ^___^. Y

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: